7 Tips Cara Mengatasi Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Mengatasi kulit yang terbakar sinar mataharisunburn” setelah menghabiskan banyak waktu dibawah terik matahari memang sangat perlu dilakukan. Karena akibatnya tidak hanya warna kulit saja yang belang, tapi bisa jadi ada efek lainnya yang baru akan terasa beberapa hari kemudian. Seperti kulit yang terasa gatal hingga mengelupas.

Mengelupasnya lapisan permukaan kulit adalah sebuah proses regenerasi kulit. Ini adalah proses yang dilakukan kulit untuk membuang lapisan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari dan menggantinya dengan lapisan kulit yang baru. Umumnya proses pengelupasan ini juga sering disertai kulit yang tampak kemerahan, rasa panas dan gatal.

Tips Cara Mengatasi Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari
Kulit Mengelupas akibat terlalu lama terkena sinar matahari
Image credit: Title: Sunburn. Thanks to Wikioogle for awesome images. Source: commons.wikimedia.org/wiki/File:Sun_burn.JPG

Meski kondisi ini akan membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari, namun perawatan dan penanganan tetap perlu untuk dilakukan. Nah berikut ini, bugarpedia telah merangkum beberapa tips cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari yang bisa Anda coba.

7 Tips Cara Mengatasi Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Berikut ini adalah beberapa penanganan untuk masalah kulit yang terbakar sinar matahari “surburn” yang bisa Anda lakukan.

1. Mendinginkannya / Mengkompresnya

Pada area kulit yang terkena sunburn kita bisa mengkompresnya menggunakan air dingin. Air dingin akan membantu kulit untuk menenangkan diri dan mengurangi rasa panas dan perih.

Ketika mengeringkan kulit usahakan untuk mengeringkannya dengan handuk bersih, lembut, dan hindari menggosok area kulit yang terkena sunburn. Karena dengan menggosoknya, malah dapat bereksiko memperburuk kondisi kulit yang terkena sunburn, melukainya, dan malah akan semakin membuat kulit terasa panas dan perih.

2. Mengurangi rasa gatal

Tips mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari selanjutnya adalah usahakan untuk tidak menggaruk area kulit yang sedang mengelupas. Karena dengan menggaruk kerusakan permanen pada kulit Anda dalam bentuk bekas luka bisa terjadi.

Jika kita tidak tahan dengan gatal yang muncul saat proses pengelupasan maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan es untuk mengurangi sensasi gatal tersebut.

Caranya adalah dengan memasukan es batu kedalam sepotong kain yang lembut, dan meletakannya kain dingin tersebut di atas daerah kulit Anda yang gatal. Gatal akan mereda setelah es mulai mendinginkan kulit.

3. Gunakan pelembab

Setelah mandi dan mengeringkan kulit Anda, usahakan untuk mengoleskan lotion pelembab. Carilah pelembab yang memang khusus dirancang untuk bekerja pada bekas sengatan matahari atau kulit yang mengelupas. Umumnya, lotion harus mengandung ekstrak lidah buaya yang akan mendinginkan kulit Anda dan mengurangi peradangan.

Lidah buaya adalah ekstrak alami yang telah lama dipuji karena sifatnya yang menenangkan. Anda juga dapat menggunakan daging lidah buaya langsung dan menerapkannya langsung ke kulit yang mengelupas untuk membantu penyembuhan, melawan rasa sakit dan menghindari infeksi.

4. Minumlah banyak air

Minum banyak air mungkin adalah cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari yang paling mudah untuk dilakukan. Karena tidak cukup hanya mengatasi masalah kulit seperti sunburn hanya dari bagian luar saja,  tapi mengatasi dari bagian dalam juga perlu dilakukan.

Sebenarnya, tidak ada yang dapat membantu kulit sebaik dari segelas air. Kulit yang sehat perlu untuk tetap terhidrasi, karena ketika kulit kita rusak seperti setelah terbakar sinar matahari maka air menjadi sesuatu yang sangat penting.

Minum cukup air dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan menghidupkan kembali dari dalam. Jika Anda melihat awal kulit Anda mengelupas, pastikan untuk minum delapan sampai 10 gelas air per-hari.

5. Jangan mengelupasnya!

Kondisi kulit yang bersisik dan mengelupas adalah kondisi yang lebih dari sekedar menjengkelkan dan tidak menarik. Karena saat sedang mengelupas, terkadang tangan kita gatal ingin menariknya. Namun perlu diketahui bahwa, mengupas kulit dengan sengaja dapat meningkatkan reksiko infeksi jika sampai luka.

Jika ada bagian dari kulit mati yang menggantung dan Anda ingin membuangnya, usahakan untuk tidak menariknya, sebaiknya ambil gunting kecil dan potong saja bagian kulit tersebut.

Pastikan Anda hanya memotong kulit mati yang menggantung tersebut dan Anda tidak merobek kulit disampingnya karena bisa membuat luka. Setelah Anda memotong kulit mati, Anda bisa mengoleskan salep antibakteri pada daeah tersebut.

6. Menghindari paparan sinar matahari sementara waktu

Tips mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari selanjutnya adalah usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari untuk sementara waktu. Kalaupun harus terpaksa untuk keluar rumah maka hindari waktu- waktu sinar matahari sedang terik-teriknya, seperti tengah hari.

7. Gunakan tabir surya

Lanjutan dari point 6, yaitu jika terpaksa untuk keluar rumah maka selain menghindari waktu matahari sedang terik-teriknya maka penggunaan lotion tabir surya juga diperlukan. Penggunaan lotion setidaknya dapat membantu supaya kondisi kulit kita tidak semakin buruk.

Nah mudah-mudahan tips-tips yang kita sampaikan ini bermanfaat untuk sahabat semua. Halaman ini akan diupdate jika kita mendapatkan info penting laiinya berkenaan dengan tips atau cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari lainnya.

(Visited 12 times, 1 visits today)