Mengenal Khasiat Kulit Manggis – Serba Serbi Sehat Alami

Sebelum kita membahas tentang manfaat dan juga khasiat Kulit manggis, serta apa itu senyawa xanthone yang terdapat pada kulit manggis, sebaiknya kita ulas dulu sedikit mengenai buah yang satu ini.

Tanaman manggis (Garcinia mangostana) merupakan tanaman tahunan dari hutan hujan tropis teduh di kawasan asia tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia, kemudian menyebar ke Amerika Tengah dan daerah tropis lainnya, seperti Brazil, hawai, Srilanka, Panama dan beberapa negara tropis lainnya.

 

Khasiat kulit manggis
Khasiat kulit manggis
Image credit: Title: Mangosteen, Thanks to Gary Tamin, at www.freeimages.com/photo/mangosteen-5-1321853

Di Asia Tenggara, manggis sudah digunakan sebagai obat untuk mengatasi Inflamasi sejak berabad-abad dulu dengan cara diseduh seperti layaknya minum teh.

Saat ini, dipercaya bahwa kandungan yang terdapat pada kulit manggis mengandung zat anti oksidan yang tinggi dan dapat mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan tubuh, diantaranya bahkan beberapa penyakit yang terbilang ganas.

Dan karena khasiat kulit manggis inilah kenapa saat ini banyak bermunculan obat-obatan atau suplemen yang diclaim mengandung ekstrak kulit manggis yang digadang-memiliki khasiat untuk tubuh kita.

Manfaat dan Khasiat Kulit Manggis

Sekarang menurut anda, bagian manakah dari buah manggis yang paling bermanfaat ? Jika Anda berpikir buahnya yang manis lebih bermanfaat maka jawaban Anda salah. Loh kok salah, padahal buahnya yang terasa manis itu kaya akan Vitamin C, dan kita tahu bahwa Vitamin C itu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Sebenarnya jawaban Anda tidak salah-salah amat, Vitamin C yang terkandung pada buah Manggis memang sangat berperan untuk tubuh kita. Namun apakah pernah terpikirkan oleh Anda bahwa, ternyata ada bagian lain pada buah manggis yang jauh lebih bermanfaat dan jauh lebih berkhasiat dari pada dagingnya ! Nah Jika Anda bertanya-tanya bagian manakah itu, jawabannya adalah “KULITNYA “.

Kulit manggis mengandung senyawa yang memiliki aktivitas farmakologis sebagai anti inflamasi, anti histamin, anti bakteri, anti jamur, anti kanker, anti hipertensi, anti stroke dan terapi HIV

Pada beberapa pengujian dan penelitian, menunjukkan bahwa kulit buah manggis terbukti mengandung senyawa antioksidan kompleks dengan kadar yang tinggi, terutama senyawa fenolik atau polifenol termasuk di dalamnya senyawa xanthone.

Adalah senyawa yang bernama “Xanthone” yang terdapat pada kulit manggis yang memang sangat bermanfaat dan terbukti efektif dalam menjaga kesehatan, mengobati dan menyembuhkan berbagai penyakit yang diantaranya adalah beberapa penyakit ganas.

Dan khasiat kulit manggis dipercaya, dan digadang-gadang dapat membantu penyembuhan dari beberapa jenis gangguan kesehatan berikut ini

  • Mengobati dan mencegah Kanker
  • Mengobati penyakit jantung
  • Mengobati diabetes ( menurunkan kadar gula dalam darah)
  • Membantu mengobati kista rahim
  • Membantu mengobati Darah tinggi
  •  Anti Oksidan (menangkal radikal bebas)
  •  Anti Virus ( membantu menyembuhkan infeksi karena Virus)
  • Anti Jamur ( membantu menanggulangi Infeksi karena Jamur)
  • Anti Lipidemik ( menurunkan kadar lemak dalam darah)
  • Membantu sistem pencernaan
  • Mencegah Asteoporosis
  • Mengatasi penyumbatan dalam darah
  • Dan masih banyak lagi

Di dalam senyawa Xanthones teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya, yang banyak dan sering diteliti antara lain adalah Alfa Mangostin, Gamma Mangostin, dan Garcinone E.

Seperti pada salah satu penelitian yang dilakukan di Universitas Tohoku Sendai -Jepang menunjukan bahwa Gamma Mangostin pada kulit manggis mampu mencegah aktifitas enzim Cyclooxygenase (COX) yaitu enzim penanda adanya inflamasi pada tubuh.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Untuk mendapatkan manfaat Kulit Manggis tanpa harus membeli Jus kulit manggis yang harganya cukup mahal, maka Anda bisa membuatnya sendiri. Ikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Siapkan beberapa buah manggis yang sudah masak, pilih yang berkulit mulus dan juga segar
  • Belah dan pisahkan daging buahnya, mungkin bisa kita makan saja daging buahnya yang manis
  • Ingat, yang akan kita gunakan adalah kulit bagian dalam dari kulit manggis, jadi keroklah secara perlahan dan jangan sampai kulit yang berwarna hitam terbawa, karena rasanya akan terasa sepat dan pahit
  • Setelah mendapatkan kerokan kulit manggis dari beberapa kulit manggis maka Blenderlah sampai halus
  • Anda bisa juga menambahkan madu, susu, gula yang sudah dilarutkan, atau gula aren sesuai selera, Blender sampai benar-benar halus dan rata. Jika terasa terlalu kental Anda bisa menambahkan sedikit air
  • Sekarang jus Kulit Manggis siap untuk diminum, mungkin jika pakai sedikit es atau membuatnya menjadi dingin akan lebih nikmat

 

Nah semoga rangkuman akan manfaat dan khasiat kulit manggis ini bermanfaat untuk sahabat semua.

(Visited 30 times, 1 visits today)