Manfaat Bengkoang Untuk Wajah – Masker Cantik Alami

Manfaat Bengkoang untuk wajah bukan sebuah isapan jempol belaka. Lihat saja, saat ini banyak sekali produk perawatan kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai salah satu bahan utamanya. Baik itu masker, lulur, sabun, dan aneka produk perawatan kulit dan wajah lainnya.

Bengkoang sangat dikenal baik di Indonesia, karena merupakan umbi yang sering dijadikan salah satu bahan untuk membuat sebuah makanan. Dan tahukah kita, ternyata bengkoang juga merupakah bahan kosmetika tradisional yang sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Manfaat Bengkoang Untuk Wajah
Manfaat Bengkoang Untuk Wajah

Dari beberapa sumber penelitian diketahui bahwa Bengkoang mengandung zat zat seperti vitamin A, B1, vitamin C, zat besi, dapachyrhizon, rotenon, inulin, kalsium, dan beberapa senyawa lainnya.

Bahkan beberapa zat yang terkandung didalamnya seperti vitamin A, vitamin C, dan alpha hydroxyl acid (AHA) diketahui sangat bermanfaat untuk bahan kostemika untuk perawatan kulit, terutama dalam hal pencegahan penuaan dini dan memacu regenerasi sel kulit. ( Ardian Widyatm oko, Dwi Hastutik, Ari Sudarmant o, Endang Lukitaningsih – Traditional Medicine Journal : KANDUNGAN VITAMIN C, VITAMIN A DAN ALPHA HYDROXY ACID DALAM BENGKOANG )

Hal tersebut merupakan beberapa contoh dari manfaat bengkoang untuk wajah, kesehatan dan juga kecantikan yang admin rangkum dari beberapa sumber untuk Anda, dan berikut ini beberapa informasinya.

Manfaat Bengkoang Untuk Wajah – Untuk Mengurangi Kerutan di Wajah

informasi ini admin dapatkan dari :

Jurnal kesehatan Vol. 4, No.2, Tahun 2016, yang berjudul:

FORMULASI MASKER ALAMI BERBAHAN DASAR BENGKOANG DAN JINTAN HITAM UNTUK MENGURANGI KERUTAN PADA KULIT WAJAH

Nah dari jurnal tersebut didapat informasi bahwa masker alami yang menggunakan bahan-bahan alami seperti bengkoang, jintan hitam, coklat dan madu diketahui mampu memberikan perubahan yang sangat drastis pada kerutan di area wajah. Seperti kutipan dari hasil penlitian dan pengamatan yang terulis dalam jurnal tersebut.

Dar hasil pengamatan data kerutan pada kulit wajah terdapat perubahan kerutan pada kulit wajah sebanyak 100%, dimana 10% perubahan kerutan kulit wajah probandus terlihat pada minggu ke-2 pengamatan, 50% perubahan kerutan terlihat pada minggu ke-4 pengamatan, dan 40% perubahan kerutan terlihat pada minggu ke-6 pengamatan.

Lalu berapa komposisi dari tiap tiap bahan untuk membuat masker bengkoang penghilang kerut wajah tersebut, berikut rangkumannya.

Untuk membuat formulasi masker alami ini bahan dan komposisinya adalah:

  • 2 gram bubuk bengkoang
  • 1 gram bubuk cokelat
  • 0.6 ml minyak jintan hitam
  • dan 5 ml madu

Lalu bagaimana tata cara penggunaannya, dan sampai berapa lama, berikut kutipannya:

Bahan-bahan tersebut dicampurkan sehingga dihasilkan masker dengan struktur pasta yang siap digunakan. Masker digunakan setiap tiga hari sekali hingga 12 kali pemakaian masker

Nah gimana, apakah sobat mau mencobanya. Apabila sobat mau membaca secara lengkap dari jurnal kesehatan tersebut, maka sahabat bisa mendownload dan membacanya melalui link yang sudah kita sertakan dibagian akhir artikel ini dalam format pdf.

Manfaat masker Bengkoang Untuk Perawatan Flek Hitam Bekas Jerawat

Selain untuk membantu menghilangkan kerutan diwajah sekarang kita share juga informasi mengenai manfaat bengkoang untuk wajah lainnya, yaitu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Info ini sebagian bersumber dari sebuah e-jurnal tentang pemanfaatan pati bengkoang dan juga tepung kentang sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam diwajah.

Dalam bengkuang tergandung vitamin C, flavonoid dan saponin yang merupakan tabir surya alami yang bermanfaat untuk mencegah kulit rusak yang diakibatkan oleh radikal bebas. Lalu zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif untuk menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

Sedangkan pada  kentang terkandung enzim catecholase berfungsi untuk menghilangkan noda hitam pada wajah dan menjadikan wajah lebih cerah apabila digunakan sebagai masker wajah.

Untuk cara pembuatan maskernya, berikut bahan bahannya:

  • 15 gram pati bengkuang
  • 35  gram tepung kentang
  • Untuk pengencernya bisa digunakan air mawar

Bisa di aplikasikan pada wajah 2 – 3 hari sekali.

Bedak Dingin Bengkoang Untuk Mendinginkan, Membuat Rileks, sekaligus Memutihkan wajah

Manfaat bengkoang untuk wajah lainnya adalah sebagai bedak dingin bengkoang bermanfaat untuk mendinginkan, membuat rileks, sekaligus salah satu cara memutihkan wajah alami yang cukup populer dikalangan masyarakat. Pembuatannya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja karena bahan dan juga alat memang mudah untuk didapat.

Cara atau tips memutihkan wajah dengan bengkuang bisa anda simak dibawah ini :

  1. Cari kira-kira 2 buah bengkoang yang masih segar kemudian dicuci  bersih dan diparut
  2. Karena yang akan kita ambil adalah sari pati dari endapan air perasan bengkoangnya maka untuk lebih melembutkannya maka parutan bengkoang kita blender
  3. Setelah bengkuang di blender halus, lalu tambahkan sedikit air dan diperas, air perasan ini kemudian didiamkan kurang lebih 4 sampai 5 jam sampai pati dari bengkoang mengendap seluruhnya
  4. Pati hasil dari endapan air bengkoang inilah yang akan dijadikan bedak dingin, oleskan pada wajah yang terlebih dahulu sudah dicuci bersih
  5. Diamkan kira – kira 15 sampai 30 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.
Selain cara diatas ada juga yang menambahkannya dengan tepung beras dan juga dengan teknik pengeringan supaya lebih awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama. Untuk langkahnya simak penjelasannya berikut ini:
  1. Siapkan terlebih dahulu kira-kira 100gr tepung beras
  2. Pati / sari bengkoang yang berupa endapan berwarna putih dari endapan air perasan bengkoang kita campur dengan tepung beras tadi sampai rata
  3. Setelah dicampur maka kita bisa membentuknya menjadi bulatan sebesar kelereng, lalu dipipihkan dan dijemur dibawah terik matahari (inilah teknik pengawetannya)
  4. Setelah kering kita bisa menyimpannya untuk kemudian hari
  5. Untuk menggunakannya, kita bisa melunakannya menggunakan air putih atau lebih baik lagi jika menggunakan air bunga mawar
  6. Oleskan pada wajah seperti yang sudah dijelaskan diatas
Catatan : Apabila setelah penggunaan masker kulit Anda terasa gatal maka tips ringan ini mungkin akan sangat berguna untuk Anda, berikut langkahnya :
  • Oleskan madu asli kewajah Anda (tipis saja), kemudian diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.
  • Bisa juga dengan membasuh dengan air es, kemudian tepuk-tepuk lembut wajah anda sampai terasa segar

Bengkoang memiliki efek pendingin karena umbi ini memiliki kadar air yang cukup tinggi yakni 86-90%. Umbi ini sangat bagus bagi penderita diabetes karena rasa manis yang ditimbulkan tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Hal ini karena rasa manis berasal dari oligosakarida yang disebut inulin.

INFO TAMBAHAN: Harap diperhatikan ! Meskipun umbinya bisa kita makan namun ada bagian pada tumbuhan bengkoang yang lain yang sangat beracun karena memiliki sifat Rotenon, yaitu biji bengkoang.

Zat Rotenon dari bengkoang, terutama dari biji bengkuang ini sering dimanfaatkan untuk membunuh serangga sebagai (pestisida) alami, membunuh tikus atau menangkap ikan.

Nah itu dia beberapa info yang cukup penting mengenai manfaat bengkoang untuk wajah, semoga bermanfaat.

sumber:

(Visited 17 times, 1 visits today)