Manfaat Teh Hijau Untuk Penyubur Rambut Alami

Memanfaatkan teh hijau untuk penyubur rambut alami mungkin perlu Anda coba. Karena ternyata, sudah cukup banyak penelitian yang meneliti akan manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh, perawatan kulit dan wajah, juga manfaatnya untuk kesehatan dan kesuburan rambut.

Daun teh hijau kering
Daun teh hijau kering
Image credit: Title: Dried green tea leaves. Thanks to 3Dman _eu for awesome images. Source: pixabay.com/en/green-tea-loose-tea-black-tea-tee-1569791/

Pada tahun 2007, seorang ilmuwan asal Korea di Seoul National University College of Medicine menemukan bahwa epigallocatechin-3-gallat atau EGCG yang terkandung dalam teh hijau mampu mendorong pertumbuhan folikel rambut dan merangsang sel-sel papilla dermal manusia untuk meningkatkan produksi rambut.

Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dikenal sebagai salah satu zar antioksidan yang  ampuh yang terdapat pada teh hijau

Sedangkan menurut University of Maryland Medical Center, teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan apabila metabolisme berlangsung lebih cepat maka tingkat pertumbuhan rambutpun akan lebih cepat pula.

Perlu diketahui, memang benar teh hijau dapat merangsang folikel rambut dan membuat rambut Anda menjadi lebih sehat dan subut, namun belum tentu berguna untuk mengobati alopesia androgenik, yang merupakan kondisi rambut rontok hormonal genetik.

Cara Memanfaatkan Teh hijau Untuk Penyubur Rambut Alami

Teh hijau merupakan sumber panthenol yang baik, yang sering digunakan dalam sampo dan kondisioner untuk menguatkan rambut dan memperbaiki rambut bercabang.

Panthenol, bersama dengan antioksidan lain yang terkandung didalam teh hijau, dapat membantu dalam memperkuat rambut dan membuatnya menjadi lebih sehat. Itulah kenapa sekarang semakin banyak saja produk kecantikan dan rambut yang mengaplikasikan “ekstrak teh hijau” dalam produk mereka.

Ok, sekarang kita bahas bagaimana mengolah teh hijau  untuk menyuburkan rambut Anda. Bahan tambahan yang digunakan kali ini adalah minyak zaitun atau olive oil. Kombinasi teh hijau dan minyak zaitun ini dapat meyehatkan dan membuat rambut Anda tampak indah dan berkilau, berikut caranya:

  • Hangatkan 2 sdt minyak zaitun bersama 2 kantung teh hijau dalam 100ml air (kira-kira 1/2 gelas)
  • Aduk hingga campuran merata, angkat dan diamkan sebentar hingga hangat-hangat kuku
  • Balurkan campuran tersebut pada kulit kepala hingga ujung rambut sampai rata
  • Tutup menggunakan handuk yang terlebih dahulu telah direndam dalam air hangat
  • Diamkan hingga kira-kira 20 sampai 25 menit
  • Setelah itu bilaslah sampai bersih
  • Lakukan minimal 1 bulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Medical College di Georgia melaporkan bahwa teh hijau mungkin memiliki potensi untuk pengobatan ketombe dan kulit kepala yang mengelupas berlebih. Teh hijau diyakini mampu membantu merontokan serpih kering yang terbentuk sebagai hasil dari ketombe.

Ketombe (nama ilmiah Pityriasis capitis), adalah kondisi dimana terjadi pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit.

Nah mudah-mudahan informasi mengenai teh hijau untuk penyubur rambut ini bermanfaat untuk sahabat semua. Jadi apakah sekarang Anda tertarik untuk mencobanya ?

Sumber rujukan: www.academia.edu/9503486/SHAMPO_TEH_HIJAU_DENGAN_EKSTRAK_MELATI_SEBAGAI_PENCEGAH_KERONTOKAN_RAMBUT
(Visited 29 times, 1 visits today)