Manfaat Temulawak Untuk Wajah

Jika kita mendengar kata temulawak, pasti yang terpikirkan adalah minuman yang menyegarkan, ramuan dan juga obat tradisional. Tapi kalau manfaat temulawak untuk wajah ataupun kecantikan, apakah sobat sudah pernah mendengarnya ?

Nah pada tema artikel kali ini admin akan coba membahas atau mengorek-ngorek informasi seputar manfaat temulawak, khususnya manfaatnya yang berhubungan dengan kesehatan kulit maupun wajah. Jadi kalau  sobat kebetulan sedang mencari informasi seperti ini, maka artikel ini pasti menarik untuk sobat baca.

Manfaat temulawak untuk wajah
Manfaat temulawak untuk wajah

Kandungan Temulawak

Salah satu info mengenai temulawak ini admin dapat dari halaman situs biofarmaka.ipb.ac.id, yang dikelola oleh Institut pertanian bogor.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, komponen aktif utama yang terdapat dalam rimpang temulawak adalah xanthorrhizol dan kurkuminoid. Beberapa efikasi dari xanthorrhizol adalah berpotensi sebagai antibakteri streptococcus mutans.

Kurkuminoid dapat digunakan sebagai antioksidan, antiinflamasi dan anti hiperkolesterolemia. Khasiat lain yang dimiliki oleh komponen kimia dalam temulawak adalah anti bakteri.

sumber: Tropical biofarmaca research center – halaman 12  link

Apa Saja Manfaat Temulawak Untuk Wajah

Setelah kita melihat sepintas kandungan dari temulawak yang dikeluarkan oleh Tropical biofarmaca research center tersebut, kita dapat mengetahui bahwa temulawak mengandung zat-zat yang bersifat antioksidan, anti inflamasi, dan juga anti bakteri.

Nah karena kandungan anti inflamasi dan juga anti bakteri tersebutlah salah satu indikasi mengapa temulawak bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah jerawat yang ada pada wajah kita.

Kemudian anti oksidan juga diketahui berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas, dan kulit adalah bagian tubuh yang paling sering terpapar oleh radikal bebas seperti sinar radiasi ultraviolet dari sinar matahari, asap rokok dan juga polusi udara.

Tingginya paparan radikal bebas pada kulit tersebut efek buruknya adalah dapat menyebabkan stress pada kulit. Stress pada kulit ini, akan mengakibatkan kulit menjadi mudah terserang penyakit seperti atherosclerosis, kanker kulit, dan penuaan dini.

Nah setelah kita mengetahui manfaat dari zat andioksidan tersebut, maka hal ini bisa juga menjadi sebuah indikasi bahwa temulawak bisa juga bermanfaat untuk kulit wajah kita, yaitu untuk membantu memperlambat penuaan dini karena kandungan zat anti oksidannya. Namun meski begitu, masih diperlukan juga penelitian lainnya untuk memperkuat akan kebenarannya,

Selain perawatan dari luar kita juga bisa melakukan perawatan dari dalam dengan cara mengkomsumsi rebusan air dari temulawak ini dengan rutin mengkomsumsi dan juga melakukan perawatan maka kulit wajah dan tubuh kita pun akan menjadi sehat secara alami dan tanpa adanya zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh kita.

Nah itu dia informasi sementara yang bisa kita sampaikan. Tidak banyak sumber yang bisa dijadikan acuan, khususnya tentang manfaat temulawak untuk wajah sehingga menyebabkan artikel ini terasa begitu pendek. Tapi akan kita update apabila kita mendapatkan info-info terbaru lainnya.

(Visited 10 times, 1 visits today)