Masker Putih Telur – Masker Putih Telur Untuk Wajah

Masker putih telur hanyalah salah satu dari sekian banyak pilihan perawatan alami yang dikenal saat ini. Masker ini disebut-sebut bisa melawan jerawat, mengurangi garis di sekitar mulut, keriput dan bahkan meremajakan kulit.

Masker putih telur bukanlah hal yang baru, karena masker alami ini telah digunakan dalam resep perawatan kulit alami sejak zaman kuno dan sangat populer di Asia. Kita dapat menggunakan putih telur itu sendiri untuk masker, atau menggabungkannya dengan bahan lain untuk mendapatkan tambahan manfaat lainnya.

Masker putih telur untuk wajah
Masker putih telur untuk wajah

Fungsi dari putih telur sendiri adalah untuk memproteksi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan untuk kelangsungan pertumbuhan embrio didalam telur.

Putih telur adalah cairan berwarna putih atau cendrung bening dengan tekstur kental dan agak lengket (biasa dikenal juga dengan sebutan albumen atau glair/glaire) yang terdapat di dalam sebuah telur. Putih telur mengandung protein yang sangat tinggi namun rendah lemak, sedangkan kuning telur mengandung nilai lemak yang tinggi.

Cara Membuat Masker Putih Telur Untuk Wajah

 

Masker putih telur telah digunakan untuk merawat wajah sejak lama, kandungan protein alaminya serta bahannya yang tidak mengandung bahan kimia menjadikannya salah satu alternatif perawatan wajah yang masih sering digunakan hingga saat ini.

Membuat masker putih telur tidaklah terlalu sulit, yang mesti Anda lakukan hanyalah memisahkan putih dan kuning telurnya saja.

Setelah itu, kita bisa langsung menggunakannya atau mengaduknya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil atau efek yang maksimal biasanya masker putih telur ini dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti air lemon dan madu.

Berikut ini cara membuat masker putih telur yang bisa Anda coba :

1. Masker putih telur dan madu

Madu adalah salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam dunia kecantikan karena manfaatnya yang sangat tinggi. Madu mengandung zat antioksidan dan juga bersifat anti bakteri karena memiliki tingkat keasaaman atau ph yang rendah, yaitu sekitar 3.2 hinnga 4.5.

Madu dipercaya dapat menghilangkan flex hitam dan karena bersifat anti-bakteri maka madu dapat membantu mengatasi infeksi pada luka dan juga ruam pada kulit.

Bahan :

  • 1 buah telur
  • 1 sendok makan madu

Cara Membuat :

  1. Pisahkan putih telur dengan kuningnya, lalu sisihkan putih telur tersebut pada sebuah mangkuk kecil
  2. Campurkan madu dengan putih telur tadi, aduk perlahan sampai tercampur rata
  3. Oleskan pada bagian wajah secara merata (cuci muka dengan air hangat terlebih dahulu), hati-hati pada bagian mata
  4. Biarkan sampai 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air hangat

Informasi seputar madu bisa dilihat disini: Aneka manfaat madu

2. Masker Putih Telur dan Air lemon

Air lemon memang dikenal memiliki khasiat yang sangat baik sekali untuk perawatan wajah. Seperti untuk mengatasi kulit berminyak, menghaluskan wajah, dan mengencangkan wajah.

Selain itu karena manfaatnya yang tinggi maka tidak sedikit kosmetika yang menggunakan ekstrak lemon ini didalam bahan bakunya.

Bahan :

  • 1 buah telur
  • 1 – 2 sendok makan air lemon

Cara Membuat :

  1. Telur dipisahkan antara putih dan kuningnya
  2. Campurkan putih telur dan air lemon tersebut, aduk hingga rata
  3. Oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dicuci, hati-hati area mata
  4. Biarkan 10 – 15 menit, lalu bilas hingga rata

 

Manfaat Masker Putih Telur

Penuaan dan keriput pada kulit adalah proses alami yang tidak bisa dihindari. Banyak faktor yang mempengaruhi elastisitas pada kulit, seperti paparan sinar matahari dan juga pola makan kita. Bahkan kulit yang paling dimanjakan sekalipun akhirnya akan menunjukkan tanda-tanda penuaan dan keriput yang semakin jelas.

Perlu diketahui, tidak ada bukti medis yang menunjukkan bahwa masker wajah putih telur secara permanen dapat menghilangkan keriput. Namun masker putih telur adalah cara hemat dan mudah yang dapat digunakan untuk membantu menghaluskan kerutan halus pada wajah.

Masker Putih telur juga dapat menarik minyak dari pori-pori serta sekaligus mengencangkan kulit. Dan proteinnya konon dapat memberikan kelembapan pada kulit.

Nah itu adalah beberapa informasi efek baik untuk kulit yang biasa kita dengar selama ini. Namun perlu sobat ketahui, beberapa sumber juga ada yang menginformasikan bahwa masker putih telur ini memiliki beberapa efek negatif untuk kulit. Efek megatif apakah itu? Nah ini nanti akan kita sampaikan juga disini untuk Sahabat semua.

Semoga artikel singkat mengenai masker putih telur ini bermanfaat untuk Anda. Usahakan untuk selau melakukan testing alergi terlebih dahulu pada sedikit bagian kulit Anda sebelum mengaplikasikannya secara penuh pada wajah Anda.

Oleskan sedikit dan biarkan semalaman, lihat reaksinya. Apabila kulit Anda baik-baik saja, maka anda dengan aman bisa menggunakannya, namun sebaliknya jika kulit Anda malah mengalami iritasi maka sebaiknya Anda jangan meneruskannya. Semoga bermanfaat.

(Visited 18 times, 1 visits today)