Tips Memilih Sabun Mandi Untuk Kulit Kering, Beriminyak, & Sensitif

Memilih sabun mandi yang cocok dengan jenis kulit kita memang sangat disarankan. Alasannya adalah supaya kita terhindar dari berbagai jenis iritasi akibat ketidakcocokan sabun mandi yang kita gunakan. Terlebih jika kulit kita adalah jenis kulit sensitif, maka kita harus sangat hati-hati dalam memilih sabun mandi.

Tips memilih sabun mandi
Tips memilih sabun mandi
Image credit: Title: Soap Shower Bath. Thanks to Ritual for awesome images. Source: pixabay.com/en/soap-shower-bath-clean-care-589824/

Pernahkah pada suatu waktu Sahabat mengalami pada saat setelah mandi ternyata kulit kita malah menjadi gatal, kering, atau bahkan kulit menjadi kemerahan. Nah jika pernah mengalami, bisa jadi disebabkan karena bahan kimia yang terkandung dalam sabun mandi tersebut ternyata tidak cocok dengan karakter kulit kita. Akibatnya kulit kita menjadi iritasi, seperti gatal, kering hingga kemerahan.

Nah untuk lebih jelasnya lagi tentang tips memilih sabun mandi yang baik dan cocok untuk jenis kulit kita, berikut ini Bugarpedia sudah mengumpulkan informasinya untuk sahabat semua.

Tips Cara Memilih Sabun Mandi Yang Baik Untuk Berbagai Jenis Kulit

Sabun alami atau herbal merupakan alternatif yang lebih baik karena mengandung produk alami yang lembut dan sehat untuk kulit Anda, dan kecil kemungkinannya untuk merusak kulit. Sabun umumnya terdiri dari lemak hewani atau nabati dan juga soda, serta tambahan parfum, warna dan ekstrak alami.

Sabun alami - Sabun Almond
Sabun alami – Sabun Almond
Image credit: Title: Soap oil almonds. Thanks to Silviarita for awesome images. Source: pixabay.com/en/soap-oil-almonds-cores-sponge-2333391/

Sedangkan sabun komersial biasanya mengandung bahan kimia tinggi yang mungkin dapat berbahaya jika tidak cocok dengan kulit yang kita miliki. Apalagi terkadang di zaman sekarang ada saja  produsen nakal yang membuat sabun yang menggunakan bahan berbahaya hanya untuk mendapatkan untung dan menekan biaya produksi tanpa menyadari reksiko yang ditimbulkannya.

Sabun alami (natural) memang dibuat dari bahan alami, biasanya bahan yang digunakan sudah disediakan oleh alam tanpa harus diolah terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan dasar sabun yang sering digunakan didalam sabun alami atau herbal :

Untuk lemak dan kelembapan biasanya sabun tersebut mengandung seperti :

  • Minyak sayur
  • Minyak zaitun
  • Minyak kacang
  • Minyak kelapa sawit
  • Jojoba
  •  Aloe Vera
  • Cocoa butter
  • Alpukat

Wewangiaanya bisa menggunakan sulingan minyak bunga yang di suling dari daun, batang dan bunganya, seperti :

  • kenanga
  • mawar
  • lavender

Sementara untuk warna biasanya mengandung atau menggunakan ekstrak mahkota bunga, kulit kayu, dan dedaunan yang berpigmen.

Salah satu kelebihan sabun natural lainnya adalah sisa buangannya bisa diurai bakteri sehingga tidak menimbulkan pencemaran. Sabun natural yang mengandung berbagai hormon dan vitamin akan mampu memperbaiki jaringan yang rusak dan melindungi kulit dari serangan mikroba.

Setelah Anda membaca tentang baik buruknya penggunaan sabun herbal / alami dengan sabun non alami, maka berikut ini akan dijelaskan Tips Cara Memilih sabun Untuk Berbagai Jenis Kulit, berikut ulasannya.

1. Cara memilih sabun mandi untuk jenis kulit kering

Kulit kering tidak memiliki cukup sebum (sebum adalah minyak alami yang bermanfaat untuk melembabkan rambut atau bulu dikulit). Apabila kulit Anda berjenis kulit kering, maka sebaiknya memilih sabun bertipe lembut yang dikemas dan kaya akan bahan pelembab seperti sabun gliserin.

Gliserin adalah senyawa tak berwarna dan dikenal akan sifatnya sebagai pelembab. Senyawa ini mudah larut dalam air, juga merupakan pelarut yang baik. Mampu menyerap air dari udara, sehingga secara alami mampu melembabkan kulit Anda.

Biasanya sabun jenis ini diperkaya dengan minyak kelapa atau jojoba, Aloe Vera, cocoa butter, alpukat atau minyak nabati yang memang sangat untuk kulit kering. Jika kulit Anda sangat kering, Anda bisa membersihkan wajah dengan toner atau percikan air hangat di pagi hari, dan gunakan sabun hanya pada akhir hari.

2. Cara memilih sabun mandi untuk jenis kulit berminyak

Apabila kulit kering kekurangan sebum pada kulitnya, maka kebalikannya kulit berminyak malah memiliki terlalu banyak sebum – minyak alami kulit. Kita bisa melihatnya dipermukaan kulit yang mengkilap dan biasanya sangat rentan terhadap jerawat sehingga perlu dibersihkan secara teratur.

Namun perlu juga diingat, jika Anda memang sering mencuci muka maka hindarilah sabun yang terlalu keras. Anda bisa memilih susu pembersih ringan untuk menghilangkan kotoran dan minyak sehingga tidak merusak kulit.

Carilah sabun yang mengandung bahan lembut, seperti oatmeal, garam laut, buah persik dan gula merah, bahan tersebut dikenal lembut pada kulit dan juga alami. Selain itu banyak juga yang menggunakan sabun mandi yang berbahan dasar citrus (jeruk), lemon, orange, bergamot, lime, tangerine, dan grapefruit untuk mengatasi kulit berminyak mereka.

3. Sabun mandi untuk kulit normal

Kulit berjenis normal tidak terlalu berminyak tapi tidak juga terlalu kering, namun hindarilah memilih sabun yang memang khusus diformulasikan untuk jenis kulit kering atau berminyak, karena Anda mungkin akan mendapatkan kondisi kulit yang lebih buruk dari kondisi kulit sebelumnya.

Untuk kulit normal Anda bisa mencoba sabun gliserin yang mempunyai daya kelembaban tinggi, sehingga sangat cocok untuk anda yang  mempunyai kulit normal dan juga kulit kering. Gliserin adalah hasil samping dari proses pembuatan sabun, jenis bahannya bisa berupa lavender, chamomile (tumbuhan semusim dari keluarga bunga Matahari Asteraceae), dan carnation rose.

Banyak sabun komersial dan sabun herbal yang memang dirancang untuk digunakan pada kulit normal dan produk-produk ini cukup baik untuk digunakan.

4. Jenis sabun mandi untuk jenis Kulit sensitif

Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit sensitif tahu bahwa kulit mereka mudah teriritasi, tetapi mereka tidak benar-benar peduli tentang jenis sabun yang mereka gunakan, yang pada akhirnya hanya malah membuat kondisi kulit sensitif mereka menjadi lebih parah.

Salah satu jenis bahan untuk membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi, kering, atau terlalu sensitif adalah lidah buaya. Sabun yang mengandung minyak dari tanaman ini dapat membantu penyembuhan dan dapat menenangkan kulit Anda.

Beberapa bahan lainnya yang baik juga untuk jenis kulit sensitif adalah Cocoa buter dan Vitamin E. Sabun yang mengandung chamomile juga dapat digunakan dengan aman oleh banyak orang yang memiliki kulit yang sensitif.

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan kulit, sabun alami bisa menjadi pilihan yang bagus karena bisa memberikan aromaterapi dan pengobatan herbal serta bergizi untuk kulit Anda. Sebelum membeli sabun alami, penting untuk memeriksa bahan-bahan yang terkandung, pastikan bahan-bahan tersebut alami dan asli terkandung didalamnya.

Sedikit tips tambahan dari Bugarpedia untuk sahabat semua sebelum memilih sabun mandi dan membelinya adalah, usahakan untuk mencari tahu dulu jenis kulit yang kita miliki. Kemudian mencari info atau referensi terlebih dahulu mengenai sabun yang akan dibeli tersebut, bisa bertanya pada teman atau saudara. Atau bisa juga via internet, karena biasanya di internet kita malah bisa lebih mudah mencari info tentang produk tersebut.

Mencari informasi sebelum membeli menjadi penting karena beberapa sabun diklaim berbahan alami atau herbal, tetapi dalam kenyataannya produk tersebut mengandung bahan kimia dan zat berbahaya. Sebagai contoh, beberapa sabun diklaim mengandung lavender, tapi pada kenyataanya hanya mengandung minyak beraroma lavender, tentu saja hal ini merugikan konsumen karena minyak yang beraroma berbeda dari minyak esensial asli, dan sudah barang tentu efeknya juga tidak akan sama.

Semoga tips cara memilih sabun mandi untuk berbagai jenis kulit ini bermanfaat untuk Anda semua. Kenalilah jenis kulit Anda, dan rawatlah dengan perawatan yang tepat, niscaya kulit indah dan sehat bisa menjadi milik Anda.

(Visited 41 times, 1 visits today)