Apa Itu Jojoba Oil? Mengenal Khasiat dan Manfaat Jojoba Oil

Apa itu Jojoba Oil. Minyak jojoba atau jojoba oil adalah minyak yang berasal ekstrak yang diambil dari biji tumbuhan semak ini dikenal sebagai botanikal Simmondsia Chinensis. Tanaman hijau ini tumbuh secara alami di padang pasir barat laut Mexico, California dan Arizona.

Tanaman Jojoba
Tanaman Jojoba

Semak jojoba menghasilkan buah coklat dan kasar, daun biru-hijau. Semak dewasa biasanya berkisar dari 10 sampai 15 meter tingginya dan menghasilkan antara 5 dan 10 kilogram benih. Departemen hortikultura Purdue University melaporkan bahwa sebagian besar tanaman jojoba ini menghasilkan jumlah benih yang terbatas, yaitu kira-kira cuma sampai tahun keempat.

Nah untuk lebih lengkapnya lagi mengenai apa itu jojoba oil, berikut ringkasan perjalanan sejarahnya.

Ringkasan Sejarah Jojoba Oil

Sejarah mencatat, budaya tradisional kuno asli Amerika  telah menggunakan minyak jojoba sebagai obat untuk mengobati luka, perawatan kulit, rambut dan juga makanan. Produsen mulai pengumpulan dan pengolahan biji jojoba sekitar tahun 1970.

Tahun berikutnya, sebagian besar negara di dunia melarang AS untuk mengimpor barang-barang yang mengandung sperma dan lemak paus. AS dianggap terlalu mengeksploitasi fauna langka seperti paus Lodan (hyseter macrocephalus) yang umumnya menjadi bahan baku pembuatan barang-barang mewah seperti tas dan bahan baku kosmetika.

Hal ini membuat industri kosmetik di Amerika mulai memutar otak untuk mencari alternatif pengganti minyak yang dihasilkan dari lemak paus lodan. Akhirnya setelah sekian lama bereksperimen dan penelitian akhirnya para peneliti berhasil menemukan  penggantinya.

Penggantinya ternyata berasal dari biji tumbuhan semak yang mempunyai nama latin Simmondsia Chinensis (Jojoba) ini memiliki manfaat serupa, namun dengan keunggulan tersendiri.

Sejak saat itulah minyak dari tanaman jojoba ini semakin dikenal dan semakin banyak digunakan untuk bahan baku produk kosmetika

Manfaat dan khasiat Jojoba oil untuk kulit tubuh, wajah, dan rambut

Jojoba Oil
Jojoba Oil
Image credit: Title: Jojoba Oil. Image Credit : Jojobacompany.com. Source: www.jojobacompany.com/blog/jojoba-perfect-makeup-remover

Dari banyak penelitian telah diketahui bahwa ternyata minyak dari tumbuhan jojoba ini mirip dengan minyak yang dihasilkan tubuh manusia (sebum.) Minyak ini bersifat menyejukkan dan mampu memperbaiki kerusakan kulit dan rambut yang diakibatkan oleh radiasi ultra violet.

Nah karena kemiripan ini pulalah yang membuat jojoba oil banyak digunakan untuk berbagai macam aplikasi dermatologis dan juga bahan baku kosmetika untuk perawatan kulit, wajah dan juga rambut.

Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan jojoba oil dalam dunia perawatan kulit dan kecantikan termasuk rambut:

1. Jojoba Oil untuk Moisturizer

Pemanfaatan yang paling umum dari minyak jojoba adalah sebagai pelembab. Karena sifatnya yang mirip dengan minyak yang diproduksi kulit alami manusia, minyak jojoba sangat kompatibel dengan kulit manusia. dan ketika diterapkan pada kulit, minyak ini berfungsi sangat baik sebagai pelembab. Penggunaan jojoba oil sebagai pelembab konon dapat membuat kulit menjadi sangat lembut dan juga dapat mencegah kekeringan kulit.

2. Jojoba Oil sebagai pembersih kulit yang baik

Minyak jojoba yang sangat kualitas penetrasi membuat produk yang sangat baik yang dapat digunakan untuk membersihkan dan membersihkan kulit, terutama saat melepas produk seperti make up, gemuk dan kosmetik lainnya. Minyak harus diterapkan dengan kapas, dan setiap kosmetik lembut menyeka. Manfaat tambahan dari minyak jojoba adalah membantu untuk rekondisi kulit setelah penggunaan kosmetik, yang sering dapat membuat kulit kering dan rusak.

3. Minyak Jojoba bersifat anti bakteri dan anti jerawat

Minyak jojoba juga sering digunakan untuk mengobati jerawat. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa minyak jojoba telah terbukti bersifat anti-inflamasi, yang membantu untuk kondisi peradangan seperti jerawat.

Cara penggunaanyapun cukup mudah, campurkan beberapa tetes minyak jojoba dengan beberapa tetes minyak pohon teh, lalu oleskan langsung ke jerawat. Minyak pohon teh terkenal karena sifat antibakterinya yang alami dan sering digunakan untuk melawan jerawat.

4. Rambut indah dengan minyak jojoba

Karena sifat jojoba oil yang mirip dengan minyak yang diproduksi tubuh secara alami (sebum) maka minyak jojoba ini selain bisa melembabkan juga dapat menyehatkan kulit kepala.

Jika kulit kepala Anda kering, minyak jojoba bertindak sebagai pengganti sebum, melembabkan folikel rambut dan mencegah kusut dan kekasaran. Jika ada kelebihan sebum, minyak jojoba memecah penumpukan, membersihkan rambut, kulit kepala dan batang rambut. Minyak jojoba melarutkan penumpukan residu dari produk rambut, serta polusi lingkungan.

Nah gimana, sekarang sudah lebih tahu kan apa itu jojoba oil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat semua.

(Visited 752 times, 1 visits today)