Mengenal Jenis-Jenis Minyak Zaitun Atau Olive Oil

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang jenis minyak zaitun, admin akan sedikit jelaskan dulu apa itu minyak zaitun. Minyak zaitun atau yang disebut juga olive oil (bhs. Inggris) adalah adalah minyak yang didapat dari perasan buah zaitun matang yang masih segar.

Mengenal jenis-jenis minyak zaitun
Mengenal jenis-jenis minyak zaitun
Image credit: Title: Olive oil. Thanks to Stevepb for awesome images. Source: pixabay.com/en/olive-oil-salad-dressing-cooking-968657/

Umumnya kematangan buah zaitun biasanya dilihat dari warnanya yang berwarna hitam. Kemudian buah zaitun yang sudah matang digiling sampai membentuk pasta, lalu setelah itu dilakukan proses pemerasan dengan cara dipress untuk mengeluarkan minyak zaitunnya.

Buah zaitun
Buah zaitun
Image credit: Title: Olive tree. Thanks to Josealbafotos for awesome images. Source: pixabay.com/en/oil-olives-olive-harvest-leaves-1069920/

Selanjutnya minyak zaitun diproses lagi guna memisahkan antara kandungan air dan residu yang tersisa sehingga didapat minyak zaitun yang murni dan berkualitas.

Nah gimana, apakah sekarang sudah ada sedikit gambaran tentang bagaimana minyak zaitun itu dibuat. Jika sudah, selanjutnya kita akan mengenal jenis-jenis minyak zaitun yang ada saat ini.

Jenis Minyak Zaitun

Saat ini manfaat minyak zaitun sangat banyak sekali, mulai dari tambahan sebagai bumbu berbagai jenis masakan, diet, hingga untuk perawatan kecantikan. Dan tentu beda kebutuhan akan beda juga jenis olive oil yang digunakan, semuanya tergantung dari kebutuhan.

Nah omong-omong masalah perbedaan olive oil yang ada dipasaran, berikut ini informasi mengenai perbedaan minyak zaitun yang sudah kita rangkum untuk Anda.

1. Minyak Zaitun – Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

Minyak Zaitun – Extra Virgin Olive oil atau EVOO adalah minyak zaitun atau olive oil yang didapat dari perasan pertama dengan tingkat keasaman dibawah 1%. Jenis minyak zaitun ini disebut minyak zaitun atau olive oil kualitas no 1, sehingga harganya terbilang paling mahal diantara jenis lainnya.

Untuk mendapatkan kualitas minyak zaitun yang tinggi ini, buah zaitun diperas menggunakan gilingan yang terbuat dari batu granit atau gilingan baja, dan harus sudah diperas sebelum 2 x 24 jam.

2. Minyak Zaitun – Virgin Olive oil

Mungkin diantara kita semua masih bingung, apa bedanya Extra Virgin dan Virgin Olive oil. Jika Anda adalah salah satu yang bingung maka admin kasih tahu neh apa bedanya.

Virgin Olive Oil adalah minyak zaitun yang didapat dari hasil perasan yang kedua, dan mempunyai tingkat keasaman 1 sampai 2%. Dan mengacu pada standar International Olive Council, virgin olive oil memiliki tingkat asam oleat yang sedikit lebih tinggi namun memiliki rasa yang sedikit kurang kuat jika dibandingkan dengan minyak zaitun extra-virgin.

3. Minyak Zaitun – Refined Olive oil atau Minyak zaitun Olahan

Menurut International Olive Oil Council, minyak zaitun – jenis minyak zaitun Refined Olive oil adalah minyak zaitun yang diperoleh dari metode pemurnian dan penyulingan menggunakan pelarut dan panas tinggi, atau menjalani proses tambahan untuk menghilangkan bahan kimia tertentu yang bisa membuat minyak tidak layak untuk dijual.

Minyak zaitun yang didapat dari proses ini karakternya adalah tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa. Terkadang, minyak olahan biasanya dicampur dengan sedikit minyak zaitun extra virgin untuk memberikan rasa, aroma dan warna.

4. Minyak Zaitun – Extra Light Olive Oil

Perlu Anda ketahui, Extra light disini adalah mengacu kepada warna dan juga rasa dari minyak zaitun dan bukan dari kandungan kalorinya. Jadi minyak zaitun ini memiliki warna yang agak lebih pucat dan rasa yang lebih ringan. Selain itu, minyak zaitun extra light mempunyai smoke point yang lebih tinggi dibanding jenis minyak zaitun lainnya, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada suhu yang tinggi.

Minyak zaitun jenis extra light olive oil ini adalah jenis minyak zaitun yang sering digunakan dan dianjurkan saat seseorang ingin melakukan diet minyak zaitun. Alasannya adalah karena rasanya yang jauh lebih ringan/lembut dan tidak terlalu kuat, namun kalori serta manfaatnya tetap sama seperti jenis minyak zaitun lainnya.

5. Minyak Zaitun – Pure Olive Oil

Yang dimaksud Pure Olive Oil adalah minyak zaitun yang didapat dari hasil percampuran antara minyak zaitun yang berkualitas baik (Extra Virgin Olive Oil, Virgin Olive Oil) dengan minyak zaitun yang kualitas kurang baik (Refined Olive Oil) atau minyak zaitun yang kualitasnya dibawah Extra Virgin atau Virgin olive Oil, dengan tujuan supaya minyak zaitun yang kurang baik tersebut bisa menjadi lebih baik dalam hal kualitas ataupun rasa.

Itulah beberapa jenis dari minyak zaitun yang ada saat inii. Semoga dengan membaca artikel tentang “Jenis Minyak Zaitun” ini wawasan kita bisa semakin bertambah, dan Anda tidak bingung lagi jika menemukan banyak sekali jenis olive oil atau minyak zaitun yang ada dipasaran. Semoga bermanfaat.

(Visited 10 times, 1 visits today)