Penjelasan Diet Mayo Menurut Ahli Gizi – Dr. Grace Judio

Inilah penjelasan diet mayo yang lebih mendalam menurut seorang ahli/pakar gizi Dokter Grace Judio, yang merupakan seorang dokter pemerhati gaya hidup, ahli gizi, specialist weight control, seorang behaviour scientist, dan juga sekaligus seorang ahli fisiologi.

Disini Dr. Grace akan mengungkapkan pandangannya mengenai fenomena diet yang sedang trend-trendnya di Indonesia saat ini, yaitu Diet Mayo.

Dr. Grace Judio
Dr. Grace Judio
Ahli gizi, ahli fisiologi, specialist weight control, behaviour scientist,

Pandangan diet mayo menurut beberapa pada ahli gizi mungkin rata-rata sama, yaitu bahwa diet ini harus dijalankan dengan sangat hati-hati. Karena saat ini, diet mayo ibarat sebuah angin segar yang datang memberikan sebuah persepsi baru, bahwa berat badan bisa diturunkan dengan cepat dan mudah, tanpa harus bersusah payah melakukan hal-hal melelahkan seperti berolah raga.

Alhasil, berbondong-bondonglah masyarakat mulai mengikutinya tanpa mencari tahu dulu dari mana diet mayo itu berasal, dan bagaimana sebenarnya diet mayo itu harus dijalankan.

Dan tak hanya masyarakat biasa, banyak para artis terkenal Indonesiapun turut menjalankannya. Tak ayal, nama diet mayo’pun semakin melambung dan semakin trend saja di tanah air, hingga bermunculanlah jasa-jasa catering diet mayo yang siap mengantarkan Anda menu-menu diet mayo siap saji, tanpa Anda harus bersusah-susah membuatnya.

Lalu, bagaimanakah Pandangan dan penjelasan diet mayo menurut ahli gizi, Dokter Grace Judio melihat fenomena ini, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Penjelasan Diet Mayo Menurut Dokter Grace Judio

Dalam sebuah acara talk show pagi disalah satu stasiun TV Swasta beberapa waktu lalu, Dr. Grace memberikan pencerahan sekaligus meluruskan beberapa statment yang salah mengenai diet mayo yang saat ini sering kita dengar.

Penjelasan Diet Mayo menurut ahli gizi Dr. Grace Judio
Penjelasan Diet Mayo menurut ahli gizi Dr. Grace Judio

Menurut Dr. Grace Judio, diet mayo adalah diet yang aslinya dikeluarkan oleh Clinic Mayo, dan ini sangat berbeda dengan diet mayo di Indonesia yang sering kita lihat atau yang sering kita baca di internet dalam bentuk meal planning baku 13 hari, bahkan yang dalam bentuk catering diet mayo yang sering kita dengar.

Bahkan penjelasan diet mayo oleh Clinic Mayo dengan jelas menuliskan bahwa Diet Mayo / Mayo Clinic Diet sebenarnya adalah sebuah pendekatan berbeda untuk menurunkan berat badan, dan merupakan sebuah gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan seumur hidup.

Mayoclinic.org :

The Mayo Clinic Diet is a different approach to weight loss. It’s a lifestyle that can help you maintain a healthy weight for a lifetime.

Jadi diet mayo yang sebenarnya bukanlah sebuah diet ketat yang hanya bisa dilakukan selama 2 minggu saja lalu kemudian berhenti.

Dalam Diet Mayo yang sebenarnya prosesnya terbagi dalam 2 fase, yaitu:

Fase Lose it
Fase lose it adalah fase dimana seseorang akan mulai melakukan sebuah lompatan dalam hidupnya dan memulai proses penurunan berat badan dengan cara gaya hidup sehat yang sudah dibuat oleh Clinic Mayo, termasuk didalamnya adalah menambahkan aktifitas fisik atau berolah raga selama 30 menit setiap hari.

Fase Live It
Fase Live It adalah sebuah pendekatan gaya hidup yang bisa anda jalankan seumur hidup Anda. Disini Anda akan hidup seperti orang normal, namun Anda akan diajarkan sebuah habit atau kebiasaan baru. Yaitu menambahkan 5 kebiasaan yang baik, dan membuang 5 kebiasaan buruk yang biasa Anda lakukan.

Bila fase live it ini dilakukan dengan benar maka Anda akan turun berat badan sebanyak 0,5 hingga 1 kg dalam seminggu sampai berat badan yang Anda inginkan tercapai. Nanti Mayo Clinic juga juga akan mengajarkan bagaimana menjaga dan mengembangkan pola makan yang sehat.

“Hati-hati jika turun 5-6 kg dalam dua minggu, karena itu terlalu ekstrem”
Dr. Grace Judio

Dr. Grace juga meng’ingatkan bahwa, “hati-hatilah jika kita bicara masalah kg”. Kg yang Dr. Grace maksudkan adalah, bahwa sering kita mendengar diet mayo yang beredar di Indonesia diclaim bisa menurunkan berat badan 5 hingga 6 kg dalam 2 minggu.

Tapi menurut Dr. Grace, itu hanyalah berlaku untuk orang amerika yang tubuhnya memang jauh lebih besar dan lebih berat dari orang indonesia. Penurunan 5 sampai 6 kg dalam 2 minggu untuk orang amerika yang beratnya 100 – 150kg mungkin itu wajar. Tapi buat orang Indonesia yang beratnya 50-70kg dan turun 5-6kg dalam 2 minggu maka itu terlalu ektreem, tutur Dr. Grace.

SEE MORE: MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG DIET MAYO DARI MAYO CLINIC

Bolehkah saat menjalani Diet Mayo Clinic kita mengkonsumsi “Garam” ?

Menurut Dr. Grace, sebenarnya saat menjalankan diet mayo clinic kita boleh saja mengkonsumsi garam dalam makanan kita. Yang sehatnya, jumlah konsumsi garam perhari adalah 2300mg atau setara dengan 1,5 sendok teh /hari.

Apakah diet mayo yang dilakukan oleh orang Indonesia selama ini bisa dikatakan sehat menurut ilmu kedokteran ?

Sebenarnya penjelasan diet mayo menurut Dr. Grace tidak jauh berbeda dengan ahli kesehatan gizi lainnya. Memang jarang terdengar kasus orang yang menjalankan diet mayo ala indonesia ini meninggal atau berakhir di rumah sakit, namun haruslah dijalankan dengan sangat hati-hati.

Kenapa, karena menghilangkan garam sama sekali pada menu yang dikonsumsi, ditambah diet tersebut tidak berada dalam pengawasan dokter maka yang dikhawatirkan adalah, kita tidak tahu apakah diet tersebut cocok atau tidak dengan orang yang akan menjalankannya.

Perlu Diperhatikan:

Kekurangan garam dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh mudah lelah, lemas, kejang otot, gangguan pada jantung, serta yang mesti kita ketahui adalah bahwa garam sangat penting bagi ginjal untuk membersihkan kelebihan asam dari dalam tubuh melalui urine. Jadi kekurangan garam dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh menjadi semakin asam.

Bagaimana pandangan Dr. Grace mengenai catering diet mayo yang sekarang menjamur

Dr. Grace hanya memberikan pandangan bahwa kebanyakan catering diet mayo menggunakan prinsip “One Size Fit All”, yang artinya satu ukuran menu untuk semuanya. Jadi orang dengan berat berapapun ukuran menu cateringnua tetap sama dan jumlah kalori yang masuk’nyapun juga. Padahal kita tahu bahwa kebutuhan kalori/hari dari setiap orang itu berbeda beda.

Jadi yang dikhawatirkan Dr. Grace adalah, ditakutkan pada orang dengan barat badan tertentu penurunan berat badannya bisa terlalu ekstreem, dan ditakutkan malah bisa membahayakan bagi tubuh sipelaku diet.

Kenapa diet mayo yang dijalankan di Indonesia turun berat badannya bisa banyak

Berikut ini adalah pandangan Dr. Grace kenapa diet mayo yang di jalankan di Indonesia bisa menurunkan berat badan dengan drastis dan cepat, malah terbilang terlalu ekstrim. Simak alasanya berikut ini:

1. Jumlah asupan kalori yang terlalu kurang
Karena jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh itu jumlahnya terlalu kurang maka efeknya memang berat badan akan turun

2. Hilangnya Masa air dari dalam tubuh
Karena hilangnya masa air dari dalam tubuh karena ketiadaan garam dalam menu-menu yang dikonsumsi pada diet mayo ala Indonesia. Sebenarnya salah satu dari fungsi garam adalah sebagai pengikat air di dalam tubuh, dan karena kekurangan garam yang sangat signifikan maka air tidak bisa menetap dalam tubuh dan akhirnya keluar.

Dan inilah yang dikhawatirkan oleh Dr. Grace, bahwa berat badan yang turun secara drastis dalam waktu yang singkat itu sebenarnya adalah hilangnya masa air dari dalam tubuh.

3.Rendah Karbohidrat
Selain itu, terkadang kita juga menjumpai ada juga diet mayo yang tidak menggunakan karbohidrat sama sekali didalam menu-menunya, kalaupun ada jumlahnya sangat minim.

Hal ini akan menyebabkan tubuh akan mengambil cadangan gula yang ada didalam otot untuk dibakar menjadi tenaga. Menurut Dr. Grace, selain garam, gula juga mempunyai fungsi untuk mengikat air, alhasil semua cadangan cairanpun akan keluar karena gula juga ikut terkikis.

Dr. Geace menyarankan bagi yang ingin menurunkan berat badannya secara sehat, tinggal ikuti saja diet mayo saran dari Clinic Mayo, yaitu dengan mengadaptasi 5 kebiasaan baik, dan membuang 5 kebiasaan buruk.

Nah gimana, apakah penjelasan diet mayo yang disampaikan Dr. Grace Judio tersebut sudah bisa memberikan pencerahan untuk sahabat semua.

Diet Mayo dari Clinic Mayo terkenal dengan saranya yaitu: “Add 5 Habits, and break 5 bad habits”, alias tambahkan 5 kebiasaan baik dan buang 5 kebiasaan yang buruk, seperti:

5 kebiasaan baik yang harus ditambahkan:

  • Sarapanlah dengan makanan yang sehat
  • Banyak makan sayur dan buah-buahan, usahakan porsi sayuran lebih banyak dari pada buah-buahan
  • Konsumsilah makanan yang berasal dari gandum atau biji-bijian. Kalau di Indonesia mungkin lebih cenderung pada karbohidrat yang baik seperti nasi merah, roti gandum
  • Konsumsi lemak yang sehat, seperti lemak atau minyak yang berasal dari minyak zaitun atau olive oil
  • Bergerak atau berolah raga minimal 30 menit sehari

5 kebiasan buruk yang harus dihindari:

  • Hindari makan sambil menonton TV
  • No sugar, kecuali gula yang berasal dari buah-buahan
  • Tidak ada cemilan selain buah-buahan
  • Kurangi konsumsi daging, dan kosumsilah susu rendah lemak
  • Hindari mengkonsumsi junk food saat direstoran

Itulah beberapa pandangan dan penjelasan diet mayo menurut ahli gizi Dokter Grace Judio dalam melihat fenomena diet mayo yang sedang trend di indonesia. Semoga bermanfaat.

(Visited 225 times, 1 visits today)