Teh Hijau Mengatasi Lingkaran Hitam Mata dan Mata Bengkak

Ternyata teh hijau dapat juga digunakan untuk mengatasi lingkaran hitam mata dan mata bengkak/sembab looh. Jadi tidak hanya irisan mentimun saja yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Sekarang Anda memiliki alternatif lain yang tak kalah ampuh, yaitu teh hijau yang kaya akan zat antioksidan yang baik bagi tubuh.

Teh hijau memang tercipta dengan kandungan zat antioksidan alami yang mampu menetralisir zar radikal bebas 300 kali lebih ampuh dari pada vitamin C, dan 25 kali lebih ampuh dari vitamin E (Litbang.pertanian.go.id – link).

Mengatasi lingkaran hitam mata
Lingkaran hitam mata dan mata sembab
Image illustration credit: Title: Close up eye and nose. Thanks to Biswarup Ganguly for awesome images. Source: commons.wikimedia.org/wiki/File:Eyes_%26_Nose_5783.JPG

Sebuah penumpukan radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan. Manfaat teh hijau tidak hanya sebatas untuk membantu untuk memberantas racun, juga dapat mengurangi atau bahkan mencegah beberapa kerusakan yang ditimbulkannya.

Jadi dengan kandungan antioksidannya yang sangat baik untuk tubuh, dan ditambah rasa rileks saat pengompresan maka akan sangat membantu mengatasi masalah diarea sekitar mata.  Nah untuk itu, langsung saja ini dia tips mengatasi lingkaran hitam mata dan mata sembab dengan teh hijau yang sudah kita rangkum untuk Anda.

Cara Mengatasi Lingkaran Hitam Mata Dengan Teh Hijau

Entah karena kesibukan, kurang tidur, atau banyaknya polusi disekitar kita maka sering kita mengalami area disekitar mata menjadi bengkak atau terdapat lingkaran hitam di area mata, sehingga hal tersebut tentu akan mengurangi kesegaran wajah kita dan tentunya merusak penampilan.

Daun teh hijau kering
Daun teh hijau kering
Image credit: Title: Green tea. Thanks to Bonbonga for awesome images. Source: pixabay.com/en/green-tea-tea-green-healthy-leaf-1233874/

Nah jika kita kebetulan sedang mengalami masalah tersebut maka cobalah merawatnya menggunakan kompresan teh hijau. Berikut caranya:

    • Pertama kita buat air teh hijaunya dulu secukupnya.
    • Setelah teh hangat-hangat kuku, rendam kapas dalam air teh hijau tersebut lalu tempelkan kapas basah tersebut pada kelopak mata sambil terpejam. Selama pengompresan berlangsung usahakan untuk rileks, dan biarkan selama 10 – 20 menit.
  • Lebih baik dilakukan saat akhir aktifitas, seperti saat menjelang tidur.

Selain itu, ada juga cara lain mengatasi lingkaran hitam mata, kantung mata, dan mata sembab yang mungkin lebih praktis, yaitu dengan cara menggunakan kantung teh hijau celup bekas seduhan. Jadi dalam kata lain yang digunakan adalah kantong teh hijau celup bekas yang sudah kita gunakan.

Kantung teh celup / Tea bag
Kantung teh celup / Tea bag
Image credit: Title: Tea bag. Thanks to Humusak for awesome images. Source: pixabay.com/en/teabag-tea-bags-hot-label-cup-550397/
  • Caranya cukup gunakan 2 kantung teh hijau celup bekas yang ditempelkan pada kelopak mata. Atau bisa juga dimasukan dulu kedalam lemari es semalaman, lalu kompreskan pada kelopak mata Anda. Rasa dinginnya akan membantu kulit sekitar mata menjadi lebih segar.
  • Lama pengompresan kira-kira 20 sampai 30 menit.

Menurut sebuah majalah terkemuka kecantikan, Cosmopolitan, kafein membantu mengencangkan kulit, dan laporan dari Perpustakaan Ohio dan Jaringan Informasi menyatakan bahwa tanin mampu mengurangi peradangan, mengurangi pembengkakan dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar area mata.

Penyebab Lingkaran Hitam dan Mata Yang Bengkak

Semua sepakat bahwa mencegah jauh lebih baik dari pada mengatasi saat sudah terjadi. Ini artinya mencegah munculkan masalah jauh lebih baik dari pada mengatasi lingkaran hitam mata atau mata sembab jika sudah terjadi. Karena selain membuat penampilan wajah menjadi jadi tidak menarik, juga banyak waktu terbuang saat mengatasinya.

Nah dibawah ini tambahan info saja untuk Anda, tentang beberapa penyebab bagaimana lingkaran hitam atau kantung mata itu bisa muncul.

Penyebab terjadinya kantung mata

Salah satu penyebab paling umum dari terjadinya kantong mata adalah perjalanan waktu atau faktor usia. Seiring pertambahan usia, kulit halus di bawah mata Anda akan kehilangan elastisitasnya, sehingga menyebabkan droop atau kendur.

Kantong mata juga bisa disebabkan oleh kurang tidur, memaksa kerja hingga larut malam, gangguan kulit dan hipotiroidisme. Kehamilan juga dapat menyebabkan retensi cairan dan bengkak pada area mata. Penyebab lainnya mungkin berasal dari racun lewat penggunaan alkohol dan tembakau. Perubahan hormon, gangguan kulit dan alergi yang mungkin mempengaruhi kulit halus di sekitar mata.

Penyebab lingkaran hitam dibawah mata

Apakah Anda tahu penyebab lingkaran hitam di bawah mata sebenarnya adalah pembuluh darah yang dapat dilihat melalui kulit. Hal ini terjadi karena kulit yang terdapat disekitar area kelopak mata (periorbital kulit) adalah kulit tertipis diarea tubuh kita, yaitu hanya sekitar 0,5 mm tebalnya dibandingkan area tubuh lain yang rata-rata ketebalannya 2 mm.

Warna kebiru-biruan mungkin terjadi saat darah melewati pembuluh darah besar dekat dengan permukaan kulit. Semakin tipis dan transparan kulit maka sifat-gelap lingkaran hitam  akan muncul.

Meski begitu, mitos yang berkembang di masyarakat lingkar hitam diakibatkan oleh karena kurang tidur, kelelahan dan begadang, namun nyatanya itu bukanlah penyebab utama lingkaran hitam diarea mata tersebut muncul. Beberapa penyebab lain yang lebih umum dan dapat menyebabkan lingkaran hitam pada area sekitar mata tersebut terjadi adalah:

  1. Alergi
  2. Eksim
  3. Faktor keturunan
  4. Merokok
  5. Minum minuman keras
  6. Paparan sinar matahari
  7. Penipisan kulit
  8. Bisa juga karena hidung yang tersumbat yang melebarkan dan menggelapkan pembuluh darah di bawah mata

Jangan lupa, periksa juga apakah Anda sedang mengalami alergi hidung atau tidak. Karena ada juga informasi yang menyebutkan bahwa salah satu penyebab utama dari lingkaran hitam dan kantong di bawah mata adalah kondisi sinus kronis atau alergi.

Kedua alergi ini mengakibatkan kecenderungan pada si penderita alergi untuk menggosok mata mereka, sehingga menyebabkan lingkaran hitam dan kantong di bawah mata terjadi. Kadang-kadang ada juga saat kita mengobati alergi maka masalah lingkaran hitam dan kantung mata juga akan ikut menghilang.

Nah bagaimana, menarik bukan infonya. Semoga  artikel mengatasi lingkaran hitam mata dan mata sembab atau kantung mata ini  bermanfaat untuk Anda. Tetap cintai perawatan kulit dan wajah menggunakan bahan-bahan alami, niscaya Anda akan mendapatkan kecantikan yang alami juga.

(Visited 41 times, 1 visits today)

One thought on “Teh Hijau Mengatasi Lingkaran Hitam Mata dan Mata Bengkak

Comments are closed.