Toner Alami Untuk Kulit Berminyak – Perawatan Kulit Alami

Untuk Anda pencinta bahan alami, kali ini bugarpedia kembali hadir dengan membawa informasi tentang toner alami untuk kulit berminyak yang mungkin juga bisa sahabat coba. Untuk bahan-bahannya sendiri sangat mudah didapat karena hampir selalu ada disekitar kita.

Aneka bahan yang sering dijadikan bahan toner
Aneka bahan yang sering dijadikan bahan toner
Image credit: Title: Toner skincare. Thanks to Kerdkanno for awesome images. Source: pixabay.com/en/toner-skin-skincare-cooling-facial-906142/

Apa itu toner? Dalam dunia kosmetik toner mengacu pada bahan pembersih, baik itu dalam bentuk cairan ataupun lotion yang dibuat untuk membersihkan kotoran kulit dan mengecilkan pori-pori, dan biasanya digunakan pada bagian wajah. Toner juga biasanya sering digunakan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran diwajah yang tidak bisa diangkat oleh susu pembersih.

Anda para wanita pasti pernah mengalami ketika sudah membersihkan wajah menggunakan susu pembersih ternyata wajah Anda masih terasa lengket bukan. Hal ini terjadi karena kotoran diwajah memang tidak terangkat sempurna, dan disinilah toner berfungsi untuk menyempurnakan proses pembersihan wajah.

Nah untuk itu, langsung saja kita hadirkan informasi mengenai toner alami untuk kulit berminyaknya untuk Anda, berikut infonya.

4 Jenis Toner Alami Untuk Kulit Berminyak

Kali ini akan dibahas pembuatan toner alami untuk jenis kulit yang berminyak, selain murah toner ini sangat aman karena memang tidak menggunakan zat-zat kimia berbahaya. Simak berkikut ini.

1. Toner Alami dari Lemon

Bahan: 3 irisan lemon

  • Potong 2 iris lemon dan peras jus ke dalam segelas air.
  • Gunakan lotion ini untuk dioleskan pada kulit Anda atau menghapus jejak kotoran dengan menggunakan kapas wajah yang lembut.
  • Ini memiliki efek astringent membuat pori-pori berkontraksi dan membuat kulit wajah terasa kencang
  • Simpan sisa lotion di refrigirator jika memang tidak habis
  • Hati-hati mungkin saja toner lemon ini akan membuat sedikit perih kulit wajah Anda.
  • Lakukan sedikit test dengan mengoleskan sedikit dahulu ke kulit Anda, lihat reaksinya. Jika aman Anda dengan tenang dapat mengaplikasikannya untuk wajah Anda

2. Toner Alami dari Pappermint

Bahan:

  • 1 kantong teh peppermint,
  • 1 sendok teh jus lemon, air

Persiapan:

  • Rebus satu cangkir air dan tambahkan teh peppermint.
  • Diamkan selama 5 menit dan kemudian biarkan teh mendingin.
  • Tambahkan satu sendok teh jus lemon, ini adalah sama dengan sepotong lemon diperas.
  • Gunakan lotion setiap hari sebanyak yang Anda inginkan untuk menyegarkan kulit Anda setelah pembersihan.
  • Simpan di tempat yang dingin.

3. Toner Alami dari Mentimun

Bahan: 2 mentimun besar

  • Kupas kulit mentimun kemudian dagingnya haluskan.
  • Ambil dan saring mentimun yang sudah dihaluskan tersebut.
  • Opsional, jika Anda ingin efek toner disempurnakan Anda dapat menambahkan satu sendok teh jus lemon.
  • Simpanlah jus di refrigirator jika tidak digunakan atau tidak habis.

4. Toner Alami dari Teh Hijau

Teh hijau – kapanpun Anda meminumnya atau Anda mengoleskannya pada kulit wajah Anda, teh hijau merupakan sumber yang kaya akan antioksidan,dan juga memiliki sifat anti-septik yang sangat bermanfaat untuk mengobati jerawat. Untuk cara pembuatannya silahkan simak dibawah ini:

Bahan: daun teh hijau atau teh hijau celup

  • Seduhlah green tea dalam mengkuk kecil dengan konsestrasi larutan yang bagus.
  • Kami merekomendasikan daun alam, jika Anda tidak memiliki teh celup.
  • Biarkan teh mendingin, kemudian gunakan setiap kali Anda memerlukannya.

Info singkat manfaat dari bahan yang digunakan

Lemon – Manfaat buah lemon untuk perawatan kulit sangat banyak sekali, seperti untuk membantu mengangkat sel kulit mati, membantu menghilangkan flex hitam diwajah, serta vit-C nya membantu mencerahkan kulit wajah.

Pappermint tea – Teh peppermint memiliki sifat pendinginan alami karena mengandung mentol. Kandungan mentol ini ternyata memberikan efek positif untuk menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi, sehingga dengan demikian memperlambat proses wabah jerawat mendadak.

Pada sebuah studi lebih lanjut yang dilakukan pada teh peppermint dan jerawat membuktikan bahwa teh memiliki sifat antibakteri. Ini membantu dalam mengendalikan pertumbuhan bakteri pada kulit yang pada gilirannya meredakan gejala jerawat.

Mentimun – Mentimun sering digunakan untuk masker wajah atau di potong tipis guna menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam diarea mata, atau sering juga dibuat masker yang dibalurkan pada daerah kulit wajah.

Mentimun juga konon mampu memberikan efek menenangkan, mendinginkan juga mengenyalkan kulit, selain itu banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan yang satu ini karena kemampuanya untuk mengurangi keriput dan garis-garis halus, serta memperbaiki kulit.

Teh hijau atau Green tea – Green tea atau Teh hijau memang sudah terkenal sebagai Tonik untuk kulit indah, komponen antioksidan, EGCG, dan Catechin terbukti mampu memperlambat penuaan sel kulit, memberikan kenyamanan pada kulit yang stress, meremajakan tekstur kulit, dan mencegah pembentukan kerutan.

Teh jenis ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang sangat baik, mengurangi pembengkakan, dan mampu menghancurkan bakteri Staphylococcus Aureus, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai “Toner Alami Untuk Kulit Berminyak“, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Teruslah menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga dan merawat kecantikan wajah atau kulit Anda.

(Visited 164 times, 1 visits today)